Untuk dinyatakan lulus dari pendidikan profesi apoteker dan meraih gelar apoteker (Apt.), mahasiswa Prodi Apoteker Fakultas Farmasi diharuskan mengikuti serangkaian ujian Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI). Ujian ini terdiri dari CBT (Computer Based Test) dan OSCE (Objective Structured Clinical Examination).

Prodi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Pancasila menyelenggarakan Tryout UKAI CBT Internal pada 3-4 Agustus 2020 di CBT Center lantai 4 Fakultas Farmasi Universitas Pancasila. Tryout UKAI CBT Internal ini dilaksanakan untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi ujian nasional Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) CBT yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020.

Di Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Tryout UKAI CBT Internal dilaksanakan dalam 2 hari, setiap hari terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 11.20 WIB. Sesi kedua dimulai pukul 13.00 dan diakhiri pukul 16.20 WIB. Terdapat 123 mahasiswa yang mengikuti ujian ini.

Karena dilaksanakan pada masa pandemi corona, ujian CBT ini dilakukan dengan tetap menjaga social distancing dan memerhatikan protokol kesehatan. Oleh karena itu, CBT Center yang memiliki kapasitas 55 peserta hanya diisi maksimal 34 peserta. Untuk menjaga ketertiban, sebelum melaksanakan tes, peserta dikarantina terlebih dahulu. Peserta dilarang membawa barang-barang yang telah ditentukan panitia serta dilakukan pengecekan sebelum masuk ruang ujian.

Ibu Apt. Rika Sari Dewi, M.Farm., selaku koordinator penyelenggara Tryout UKAI CBT menjelaskan bahwa dalam rangkaian UKAI Prodi Apoteker seharusnya juga dilakukan tryout nasional dan ujian nasional Apoteker. Namun karena pandemi, pelaksanaan tryout nasional ditiadakan dan diserahkan ke PTF masing-masing. Oleh karena itu, tryout nasional kali ini digantikan dengan ujian Tryout UKAI CBT Internal. Selanjutnya, ujian nasional tetap dilakukan pada bulan September tahun ini.

Ujian simulasi CBT ini dapat berjalan sesuai rencana karena pada 1 Agustus 2020 peserta telah diberikan pengarahan mengenai SOP tata tertib pelaksanaan ujian secara online.

Share :

PreviousSeminar Daring Drug Discovery & Development NextUji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) OSCE Beradaptasi Dengan Kenormalan Baru

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.