FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS PANCASILA


a Place to Create Your Success

Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Farmasi Klinik dan Komunitas

Jumat, 30 Sep 2022, 08:34:09 WIB     94 View
Share
Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Farmasi Klinik dan Komunitas

Rabu (28/09), Universitas Pancasila telah melaksanakan pengukuhan salah satu guru besar Fakultas Farmasi dalam bidang Ilmu Farmasi Klinik dan Komunitas, Prof. Dr. apt. Dian Ratih Laksmitawati, M. Biomed. 

Prof. Dr. apt. Dian Ratih Laksmitawati, M. Biomed, dalam orasi ilmiahnya yang berjudul Potensi Herbal dan Stem cell sebagai Bahan Alam untuk Mengatasi Penyakit Degeneratif meresumekan bahwa Penyakit degeneratif memang tidak dapat dihentikan sejalan dengan penuaan sel, namun usaha menghambat progresivitasnya dapat dilakukan menggunakan herbal yang efeknya antioksidan. Disisi lain dapat digunakan stem cell untuk terapi perbaikan jaringan yang rusak akibat proses degenerasi.

Dalam serangkaian acara pengukuhan yang bertempat di Gedung Serbaguna, Kampus Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Universitas Pancasila mengukuhkan 5 Guru Besar Sekaligus. Pengukuhan lima guru besar diantaranya; dalam bidang ilmu teknik mesin, ilmu farmasi, ilmu hukum, ilmu manajemen dan ilmu manajemen pemasaran. Dalam sambutan Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, S.H, M.Si, FCBArb menyampaikan pengukuhan guru besar kali ini merupakan peristiwa langka bagi perguruan tinggi di Indonesia.

Adapun pengukuhan 5 Guru Besar dengan berbagai bidang keilmuan diantaranya :
1. Prof. Dr. Ir. Dwi Rahmalina, MT. dalam Bidang Teknik Mesin pada Program Studi S2 Teknik Mesin
2. Prof. Dr. apt. Dian Ratih Laksmitawati, M.Biomed. dalam Bidang Ilmu Farmasi Klinik dan Komunitas pada Program Studi S3 Ilmu Farmasi
3. Prof. Dr. Ir. Iha Haryani Hatta, SE., MM. dalam Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran pada Program Studi S1 Manajemen
4. Prof. Dr. B.F. Sihombing, SH., MH., dalam Bidang Ilmu Hukum pada Program Studi S1 Hukum, dan
5. Prof. Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM. dalam Bidang Ilmu Manajemen pada Program Studi S3 Ilmu Ekonomi Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila.

Dengan dikukuhkannya lima guru besar ini, maka Universitas Pancasila sudah memiliki 24 Guru Besar yang tersebar di 29 Program Studi di UP. Pada 2021 lalu, UP menghasilkan dosen dengan jabatan akademik fungsional bergelar profesor atau guru besar terbanyak di DKI Jakarta. [rh]