FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS PANCASILA


a Place to Create Your Success

Mengabdi dengan Aksi, SEMA FFUP Gelar Program Farmasi Sehatkan Masyarakat (FSM) 2022

Kamis, 28 Jul 2022, 08:59:04 WIB     84 View
Share

Peran Farmasi dalam kesehatan masyarakat sangat diperlukan sebagai wujud nyata seorang farmasis terhadap masyarakat. Demi mewujudkan hal tersebut, pada tanggal 23-24 Juli, Senat Mahasiswa Fakultas Farmasi Keluarga Mahasiswa UP melaksanakan program Farmasi Sehatkan Masyarakat (FSM) 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Sukamakmur Bogor, mengambil tema: Mengabdi dengan Aksi, Bergerak dengan Membiasakan Perilaku Hidup Sehat. Tema ini diangkat karena sebagai bentuk mahasiswa/i untuk membantu masyarakat secara langsung dalam menjalankan sebuah aksi nyata berupa membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagi hal-hal yang bermanfaat serta menciptakan kebiasaan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kegiatan penyuluhan ini, turut hadir Wakil dekan bidang III, Dr. apt. Ni Made Dwi Sandhiutami, M.Kes., dan perwakilan dosen farmasi serta mahasiswa Fraksi dan Senat FFUP. Acara FSM yang telah dilaksanakan, berfokus pada aspek kesehatan dan sosial. Adapun sosialisasi yang ditujukan kepada masyarakat Desa Sukamakmur, seperti cara menjaga kesehatan di masa endemi, sosialisasi penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA), serta kegiatan sosial cek kesehatan dan pembagian Sembilan Bahan Pokok (SEMBAKO).

Dengan diadakannya acara tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih menyadari dan memahami akan pentingnya kesehatan diri yang harus diperiksa secara rutin guna memastikan tubuh terhindar dari penyakit. Penanaman TOGA bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih terhadap masyarakat mengenai manfaat dari setiap tanaman obat yang ditanam di sekitarnya. [rh]