FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS PANCASILA


a Place to Create Your Success

Fakultas Farmasi Universitas Pancasila


Posted by : Administrator
Share :

SEJARAH FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS PANCASILA

 

Universitas Pancasila (lama) didirikan pada tahun 1963 berstatus Terdaftar pada Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan dengan SK Menteri PTIP No. 90/B-Swt/P-64 tanggal 13 Juli 1964. Pada waktu didirikan, Universitas Pancasila terdiri dari enam fakultas, yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Geografi, Fakultas Hukum, Fakultas Sosial politik, dan Fakultas Teknik. Universitas Pancasila (baru) merupakan gabungan atau lebih tepat peleburan antara Universitas Pancasila (lama) dengan Universitas Bung Karno. Penggabungan dilaksanakan pada hari Sumpah Pemuda ke-38, yaitu pada tanggal 28 Oktober 1966 dan sejak itu, tanggal tersebut dijadikan tanggal lahir Universitas Pancasila.

Penggabungan kedua Universitas tersebut dilaksanakan dengan penandatanganan Piagam Penggabungan oleh Letkol. Amir Murtono, S.H. (selaku perwira yang ditugaskan oleh Menkohankam/Pangab Jenderal A.H. Nasution), Letkol Urip Widodo, S.H. dan Letkol Abdulkadir Besar, S.H. dengan saksi Direktur Jenderal Mashuri, S.H. Universitas Pancasila berdiri dengan akte notaris C.H.S.Lumbantobing, S.H. No. 14 tanggal 9 Januari 1970 dan statusnya disahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK No. 0117/U/1978 tanggal 13 Maret 1978 dan kini telah terakreditasi peringkat A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan SK No. 015/BAN-PT/Ak-VII/2003 pada tanggal 18 Juli 2003.

Pada tahun pertama, kuliah dilaksanakan di gedung SMP di Jl. Perwira, Jakarta Pusat, sedangkan praktikum menumpang pada pabrik Farmasi DUPA yang terletak di daerah Kalibata. Praktikum meliputi Botani Anatomi dan Kimia Dasar. Usaha untuk menyatukan tempat kuliah dan praktikum berhasil pada tahun 1965 setelah universitas memperoleh kampus di Jl. Borobudur VII (saat berlangsung Aksi Ganyang Malaysia dan mahasiswa menduduki gedung rekreasi Inggris di alamat tersebut). Bangunan seluas 1.090 meter persegi dibagi untuk enam fakultas. Fakultas Farmasi mendapat ruang bulutangkis dan ruang ini diubah menjadi Laboratorium Formulasi Resep dan Formulasi Steril. Bangunan lain untuk perkantoran, sedangkan Laboratorium Botani dan Laboratorium Kimia dibangun dengan sumbangan mahasiswa baru.

Masalah ruang kuliah dapat diatasi berkat bantuan Sekolah Asisten Apoteker (SAA) yang menumpang tanah dan membangun enam ruang kelas serta satu ruang praktikum untuk mereka sendiri. Enam tahun kemudian SAA ini pindah dan Fakultas Farmasi diwarisi sejumlah ruangan yang memadai untuk direnovasi menjadi beberapa ruang praktikum. Menjelang akhir tahun 1969, Fakultas Farmasi Universitas Pancasila mengadakan kerjasama dengan Lembaga Farmasi Nasional. Realisasi kerjasama berupa pengawasan mutu obat-obatan yang beredar. Pada tahun 1969 itu juga diadakan kerjasama antara Fakultas Farmasi Universitas Pancasila dengan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor, berupa Praktikum Farmakologi sampai dengan semester genap tahun akademik 1996/1997. Mulai tahun akademik 1997/1998 praktikum tersebut sudah dilaksanakan di Fakultas Farmasi Universitas Pancasila.

Untuk mendukung kegiatan praktek kerja lapangan, penelitian dan pembuatan tugas akhir mahasiswa, Fakultas Farmasi Universitas Pancasila telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi, yaitu RSUD Pasar Rebo, RSUP Fatmawati, RSPAD Gatot Subroto, RS Islam Jakarta, PT Indofarma, PT Kimia Farma, PT Metiska serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pindahnya Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik ke Srengseng Sawah, Jakarta Selatan membawa hikmah tersendiri, yaitu Fakultas Farmasi dapat memperbanyak ruang kuliah dan membangun laboratorium untuk pendidikan apoteker, sebab sejak tahun akademik 1992-1993 Fakultas Farmasi Universitas Pancasila menyelenggarakan sendiri Ujian Negara Apoteker. Pada tanggal 25 November 1994 Fakultas Farmasi mengikuti jejak fakultas lainnya dan mulai menempati gedung baru yang terdiri dari empat lantai milik sendiri seluas 111.2555 meter persegi di Srengseng Sawah.

Seiring makin berkembangnya dunia pendidikan saat ini, Fakultas Farmasi Universitas Pancasila pun terus berkembang dan saat ini bukan hanya program S1 dan apoteker yang dimiliki tapi juga telah memiliki program S2 mulai bulan Maret 2003 dengan Surat Ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional tanggal 28 Desember 2001. Program S2 yang ditawarkan memiliki dua pilihan konsentrasi yaitu Pengembangan Obat Bahan Alam dan Manajemen Farmasi Industri. Selain itu juga mulai dibuka Program D3 mulai tahun 2004 dengan konsentrasi Distribusi Pemasaran. Penerimaan mahasiswa baru selalu dikaitkan dengan kapasitas laboratorium.

Jika tahun 1970-an setiap tahun hanya menerima 60 mahasiswa baru, maka kini Fakultas Farmasi telah dapat menerima 200 mahasiswa baru untuk Program S1 sedangkan untuk Program D III dapat menerima 50 mahasiswa baru serta Program Apoteker dapat menerima 60 mahasiswa baru. Laboratorium yang kini dimiliki Fakultas Farmasi Universitas Pancasila ada 25 buah untuk Program S1 yang dilengkapi dengan fasilitas laboratorium yang lengkap seperti FT-IR, HPLC, GC, AAS, Spektrofotometer, Densitometer, Spektrofluorometer serta peralatan lain yang menunjang terselenggaranya kegiatan praktikum yang memadai. Tahun 1994, Fakultas Farmasi Universitas Pancasila menempati gedung baru di Srengseng Sawah.

Universitas Pancasila (lama) didirikan pada tahun 1963 berstatus Terdaftar pada Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan dengan SK Menteri PTIP No. 90/B-Swt/P-64 tanggal 13 Juli 1964. Pada waktu didirikan, Universitas Pancasila terdiri dari enam fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Geografi, Fakultas Hukum, Fakultas Sosial politik, dan Fakultas Teknik Universitas Pancasila (baru) merupakan gabungan atau lebih tepat peleburan antara Universitas Pancasila (lama) dengan Universitas Bung Karno. Penggabungan dilaksanakan pada hari Sumpah Pemuda ke-38, yaitu pada tanggal 28 Oktober 1966 dan sejak itu, tanggal tersebut dijadikan tanggal lahir Universitas Pancasila.

 

 


 

STATUS FFUP

Fakultas Farmasi Universitas Pancasila adalah Fakultas Farmasi Swasta Pertama dan Terbesar di Indonesia. Didirikan tahun 1964 dengan status disamakan dan terakreditasi peringkat A oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), Depdiknas RI No. 015/BAN-PT/Ak-VII/S1/VII/2003. Sampai Agustus 2019 telah meluluskan sarjana S-1 5315 orang, Apoteker 4970 orang, D3 582 orang dan Magister Farmasi 366 orang. Alumni tersebar di seluruh pelosok tanah air dan mancanegara.

  • 1964, Terdaftar di Dep. PTIP
  • 1983, Diakui Mendikbud
  • 1990, Disamakan mendikbud
  • 1998, Terakreditasi-B oleh BAN PT
  • 2003, Terakreditasi-A oleh BAN PT
  • 2008, Terakreditasi-A oleh BAN PT
  • 2013, Terakreditasi-A oleh BAN PT
  • 2018, Terakreditasi-A oleh BAN PT

 


 

 

VISI DAN MISI

VISI

Menjadi Perguruan Tinggi Farmasi unggulan yang bertaraf nasional maupun internasional, berdasarkan nilai - nilai luhur Pancasila

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan farmasi yang bermutu tinggi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan IPTEK terutama dalam meningkatkan nilai tambah bahan untuk obat, kosmetika, pangan fungsional, maupun pengembangan formula sediaan farmasi, serta melaksanakan kajian farmasi klinis dan sosial.
  3. Menerapkan dan mengamalkan IPTEK untuk memberdayakan masyarakat dalam bidang kesehatan.

 


 

 

STRUKTUR ORGANISASI

 

 


 

 

KERJASAMA

♦ APOTEK

Apotek BUMN (Kimia Farma), Century dan apotek swasta lain yang representatif.

INDUSTRI FARMASI

Abbot, Alpharma, Aventis, Bayer, Eisai, Glaxo, Merck, Pfizer, Rhone Poulenc Rorer, Schering, Smith Kline Beecham, Squibb , Sterling Product, Tanabe Abadi, Upjohn, Warner Lambert. Bintang Toedjoe, Dankos Lab., Darya Varia, Dexa Medica, Guardian Pharmatama, Kalbe Farma, Kinocare, LAPI, Martina Berto, Mecosin, Metiska Farma, Mersifarma, Mustika Ratu, Pharos, Pertiwi Agung, Sanbe Farma, Soho, Tempo Scan Pasific, Yupharin Pharm., Indofarma, Kimia Farma, Lembaga Farmasi TNI AL, Pusdokkes POLRI.

RUMAH SAKIT

RSUP Cipto Mangunkusumo, RS PGI Cikini, RS Fatmawati, RSPAD Gatot Subroto, RS Harapan Kita, RS Husada, RS Islam Jakarta, RSUD Krakatau Steel, RS Kanker Darmais, RSAL Mintohardjo, RS FK UKI, RS Pasar Rebo, RS. Panggung Rawi, RS Pelni Petamburan, RS Persahabatan dan RSPP .

INSTANSI PEMERINTAHAN

Badan POM, Balitro, Balitvet, BATAN, BPPT, LIPI, Dinkes, Binfar Alkes, Perhutani Anugrah Kimia.

 


 

 

STAF PENGAJAR DAN TENAGA AKADEMIS

Pembelajaran dikelola oleh tenaga akademisi maupun praktisi yang kompeten, 25 doktor (4 profesor) dan 64 magister, dengan pendidikan dan berpengalaman luas baik dalam / luar negeri.

 


 

 

FASILITAS KAMPUS

  • Gedung permanen 4 (empat) lantai seluas 7.576 m2.
  • Studio Musik, Sarana Olah Raga, Gedung Serba Guna, Bank, Poliklinik, Kantin, Ruang Rapat, Aula, Parkir yang luas, Toko Koperasi.
  • Media Center (warnet, rental komputer, fotokopi, penjilidan)
  • Ruang kuliah ber-AC, Proyektor , Multimedia (LCD).
  • Perpustakaan.
  • Akses Internet (WiFi)
  • Apotek Pendidikan dan Pelayanan Kepada Masyarakat.
  • Kebun Tanaman Obat.
  • Lembaga Bahasa LIA dalam kampus
  • Student Center (Ruang Senat, Ruang BPM, Ruang Kesehatan, BESI (Studio Musik)
  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
  • Aula, Ruang Rapat, Mushola.
  • Parkir yang luas dan nyaman.

 


 

 

BEASISWA

 

♦ Beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.

♦ Pembebasan uang SKS setiap semester, bagi mahasiswa dengan prestasi tertinggi.

♦ Penghargaan bagi lulusan terbaik

 


 

KUALIFIKASI CALON MAHASISWA

 

♦ Program D-3 dan S-1 : Berijasah SMU/Madrasah Aliyah (IPA. A1. A2), SAA (SMF), SMK FARMASI, SMAK.

♦ Program Profesi Apoteker : Berijasah S-1 Farmasi yang terakreditasi

♦ Program S-2 : Berijasah S-1 Farmasi, Sarjana Kedokteran, Biologi, Kimia serta sarjana lain yang berbasis Biologi dan Kimia.

 


 

PROSES PEMBELAJARAN

 

♦ Perkuliahan meliputi teori dan praktikum dengan metode ceramah, diskusi, presentasi, tugas terstruktur maupun studi kasus.

♦ Program Apoteker diberikan tambahan: Kapita Selekta, Kuliah Tamu dengan topik yang relevan dan baru sesuai perkembangan IPTEK  kefarmasian, Tugas Terpadu dan

♦ Pelatihan Praktek Kerja Profesi Apoteker di Apotek, Rumah Sakit, Instansi Pemerintah dan Industri Farmasi agar lulusan siap pakai.

 


 

AWAL PERKULIAHAN

 

Perkuliahan mahasiswa baru, dimulai awal September. Tahun akademik dibagi menjadi 2 (dua) semester dan tiap semester diakhiri dengan Ujian Akhir Semester. Semester gasal dimulai bulan September dan berakhir awal bulan Januari. Semester genap dimulai bulan Februari dan berakhir awal bulan Juli.

 


 

 

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

 

Kesenian, olah raga, pencinta alam, radio kampus, bela diri, kerohanian, kegiatan ilmiah, seminar, pekan seni-kreasi mahasiswa, pengabdian masyarakat, aksi sosial, kunjungan ilmiah ke pabrik, wisata budaya Jawa/Bali, organisasi kemahasiswaan, palang merah, dll.

 


 

 

KEHIDUPAN MAHASISWA

 

Asrama / Pemodokan / Kost
Pemondokan mahasiswa banyak tersebar di sekitar kampus. Banyak pilihan dengan biaya Rp. 300.000 - Rp.500.000 per bulan. Biaya dapat ditekan dengan mengontrak satu rumah untuk 2 - 4 mahasiswa, Rp 3 - 5 juta per tahun.


Tempat Ibadah
Tersedia di dalam kampus dan banyak tersebar di sekitar kampus.

Biaya Hidup

Biaya hidup mahasiswa (kos, makan, cuci, rekreasi, buku, dll) lebih-kurang Rp. 1,5 - Rp. 2 juta per bulan.

 


 

TEMPAT REKREASI

 

Mall, theater, tranportasi (kereta api, busway, bus umum, taksi, ojek), danau, universitas, toko buku, restoran, dll.

 


 

 

AKSES DAN LOKASI KAMPUS

Kampus luas dan nyaman, lokasi strategis di pinggir jalan raya, di depan Stasiun Kereta Api Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan, dekat kampus UI. Kendaran umum banyak dan mudah didapat.

 


 

LULUSAN DAN LAPANGAN PEKERJAAN

 

No. PROGRAM STUDI LAMA STUDI LAPANGAN KERJA
TAHUN SKS   
1 Diploma 3 3 112

♦ Apotek
♦ Rumah Sakit
♦ Industri Farmasi (Obat, Jamu, Kosmetik)
♦ Industri Makanan dan Minuman
♦ Laboratorium Pengujian Mutu
♦ Instansi Pemerintah
♦ Bidang Penelitian
♦ Bidang Pendidikan

2 Sarjana 4 146
3 Apoteker 1 32
4 Magister (S2) 2 40
5 Doktor (S3) 3 44