FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS PANCASILA


a Place to Create Your Success

Workshop Tahap Pertama Penerbitan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi

Rabu, 18 Des 2019, 17:12:12 WIB     193 View
Share
Workshop Tahap Pertama Penerbitan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi

Lembaga Bahasa Universitas Pancasila (LB UP) bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pancasila (LPPM UP) menyelenggarakan kegiatan Workshop Tahap Pertama "Penerbitan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi", bertempat di Aula Fakultas Hukum UP (12/12). Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar dosen dan juga mahasiswa tingkat magister dan doktor dapat menerbitkan tulisan pada jurnal bereputasi nantinya, dan ada fase atau tahapan-tahapan dalam kegiatan ini, yang pertama dengan menanamkan motivasi tinggi serta tekad yang bulat untuk para dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan karya tulis atau artikel ilmiah, lalu tahap kedua nantinya kami berharap para dosen membuat draft dalam format bahasa Indonesia agar penulis dapat bebas menulis dan menerjemahkan materi yang akan disampaikan, lalu tahap ketiga nantinya masuk kedalam tahap penerjemanhan bahasa Indonesia kedalam bahasa inggris, sampai dengan hasil akhir nantinya artikel ilmiah ini selesai dan akan dikirim ke dalam jurnal yg dituju, ujar Prof. Dr. Mashadi Said, M.Pd. Kepala LB UP yang juga Ketua Pelaksana kegiatan ini, lanjutnya tahap kedua akan dilaksanakan pada bulan Januari dan seterusnya sampai dengan bulan April targetnya sudah ada artikel yang bisa di publish kedalam jurnal bereputasi internasional.

Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt. dalam sambutannya, saya mengapresiasi dengan adanya kegiatan kolaborasi dan elaborasi ini, LB UP akan kita dorong untuk lebih kearah pengembangan softskills training untuk dosen dan juga mahasiswa, bagaimana penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar menurut kaidah bahasa Indonesia maupun asing, negotiation skills training, debatting dalam bahasa Inggris, nantinya selain bahasa Inggris akan ada beberapa bahasa asing lainnya yang akan menjadi konsen untuk dikembangkan, yaitu bahasa Korea, Jepang dan Mandarin, di era yang semakin berkembang saat ini Bahasa inggris itu wajib hukumnya, jadi mahasiswa harus dibekali untuk dapat bersaing dan berkomptisi dengan baik, ujarnya. Kembali ke artikel ilmiah, nantinya diharapkan dengan adanya kegiatan-kegiatan workshop dan pelatihan seperti ini dapat menghasilkan banyak artikel-artikel yang diterima di jurnal terakreditasi nasional maupun internasional.

LPPM UP dibawah kepemimpinan Dra. Hj. Dewi Trirahayu, SE., MM. beberapa waktu yang lalu juga berhasil meningkatkan klaster kinerja bidang Pengabdian pada Masyarakat dengan meraih urutan ke-65 dari 1166 perguruan tinggi (PTN dan PTS) di Indonesia, meraih Kalster Sangat Bagus, berdasarkan hasil penilaian kinerja bidang pengabdian pada masyarakat perguruan tinggi, dan juga di sektor penelitian UP meraih urutan ke-45 dari 1977 perguruan tinggi (PTN dan PTS) diseluruh Indonesia, kemudian meraih klaster Mandiri berdasarkan hasil penilaian kinerja bidang penelitian perguruan tinggi dengan Komponen yang dievaluasi meliputi sumberdaya penelitian (30%), manajemen penelitian (15%), luaran/output (50%), dan revenue generating (5%). Penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi untuk periode tahun 2016-2018 dilakukan berdasarkan data yang sudah dikumpulkan oleh masing-masing perguruan tinggi di Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas). Hasil tersebut disampaikan oleh Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN) berdasarkan analisis terhadap data yang telah diverifikasi, imbuh Prof. Wahono. Dalam kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Prof. Dr. Syamsudin, M.Biomed., Apt. yang menyampaikan maeri mengenai "General Requirements of International Journal Article Publication", Prof. Dr. Mashadi Said, M.Pd. yang menyampaikan materi mengenai "Writing Article Introduction: C.A.R.S Model", dan Devi Roza Kautsar, Ph.D., & Dr. Ismail, ST., MT. yang menyampaikan materi mengenai "Lesson Learnt in International Journal Article Publication".

 

Humas Universitas Pancasila "Satu Biru, Biru Pancasila"