FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS PANCASILA


a Place to Create Your Success

Seminar Daring Drug Discovery & Development

Sabtu, 25 Jul 2020, 09:32:17 WIB     70 View
Share
Seminar Daring Drug Discovery & Development

Sabtu (25/7/2020) pukul 09.00 - 12.00 WIB telah berlangsung Seminar daring dengan tema “Drug Development form Natural Resources, and Some Important Aspect of Validation Methods”. Acara ini diselenggarakan oleh Prodi S2 (Magister Ilmu Kefarmasian) untuk segala jurusan/bidang ilmu dan umum via daring melalui zoom dan live facebook.

Seminar daring kali ini mengundang dua narasumber, yakni Prof.Dr.rer.nat.apt. AM Gunawan Indrayanto  (Guru Besar Farmasi Universitas Airlangga) dan Dr.rer.nat. apt. Chaidir (Dosen Magister Ilmu Kefarmasian Fakultas Farmasi Universitas Pancasila).

Narasumber pertama, Prof.Dr.rer.nat.apt. AM Gunawan Indrayanto, membahas tentang topik validasi metode analisis dalam penemuan dan pengembangan obat (PPO). Beliau juga menjelaskan perlunya mengedepankan aspek-aspek penting lainnya di samping aspek validasi dalam pengembangan obat dari bahan alam, seperti lebih memperhatikan selective index dari konsentrasi toxic terhadap kadar efektif atau pun konsentrasi efektifnya. Jika konsentrasi toxicnya lebih tinggi daripada konsentrasi efektifnya maka obat tersebut perlu dipertimbangkan untuk dikembangkan. Namun, jika selective indexnya rendah, pengembangan obat tersebut perlu dipertimbangkan kembali dengan sangat hati-hati.

Selanjutnya, narasumber kedua adalah Dr.rer.nat. apt. Chaidir.  Peneliti senior dari bahan alami ini menjelaskan bahwa penemuan dan pengembangan obat (PPO) di Indonesia masih membutuhkan proses yang panjang dan biaya yang mahal. Menurut beliau, Indonesia dapat mengembangkan industri kontrak riset sebagai tahap awal yang sangat penting dalam membangun industri bahan baku obat.

Oleh karena itu, sejalan dengan apa yang disampaikan Prof Gunawan sebelumnya, kolaborasi penting dilakukan untuk mengembangkan obat. Kolaborasi dapat dilakukan dengan lembaga-lembaga, instansi, atau institusi lain untuk melakukan penelitian mengenai kekayaan alam Indonesia terutama dalam pengembangan kandidat obat dari bahan alam.

Acara yang dimoderatori oleh Dr.rer.nat.apt. Deni Rahmat (Dosen Magister Ilmu Kefarmasian Fakultas Farmasi Universitas Pancasila) ini diselenggarakan pada pukul 09.00—12.00 WIB. Beberapa peserta tampak antusias mengajukan pertanyaan kepada kedua narasumber melalui layanan chat pada aplikasi zoom.

Video lengkap mengenai seminar daring ini dapat dilihat pada laman Facebook Official Fakultas Farmasi Universitas Pancasila berikut: