FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS PANCASILA


a Place to Create Your Success

Program Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Prodi Ilmu Kefarmasian (S2)

Selasa, 25 Agu 2020, 11:23:31 WIB     119 View
Share
Program Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Prodi Ilmu Kefarmasian (S2)

Setiap dosen mengemban tugas Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan, serta Pengabdian Kepada Masyarakat. Salah satu program kerja Magister Universitas Pancasila (UP) adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi universitas. Program kerja PKM Universitas Pancasila, salah satunya adalah mengadakan penyuluhan.

Pada 19 Agustus 2020, Magister Ilmu Kefarmasian (S2) Fakultas Farmasi menyelenggarakan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat sekitar kampus dengan tema “Penyuluhan Cuci Tangan yang Baik, Penggunaan Hand Sanitizer dan Pembagian Sembako kepada Warga RW 05 Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan”. Mengingat masih dalam masa pandemik Covid-19, kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak. Penyuluhan yang dilaksanakan pada semester genap 2019/2020 ini melibatkan dosen magister, alumni, dan anggota IAI dari PC - IAI Jakarta Selatan.

Persiapan acara dilakukan dengan meminta izin menyelenggarakan kegiatan PKM kepada Pengurus RW 05 Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan dengan mengajukan surat permohonan, mengurus administrasi (surat menyurat), dan mempersiapkan materi penyuluhan berupa praktik cara mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang baik. Selain itu, tim mempersiapkan 75 paket sembako untuk dibagikan kepada perwakilan masyarakat di halaman depan area parkir Fakultas Farmasi Universitas Pancasila.

Kegiatan penyuluhan dibuka dengan sambutan ketua Pelaksana Dr. apt. Deni Rahmat, M.Si. sambutan Ketua Program Studi Magister Ilmu Kefarmasian, Dr. apt. Ratna Djamil, M.Si., sambutan Dekan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila Prof. Dr. apt. Shirly Kumala, M.Biomed, serta sambutan Ketua RW Bapak Saptiar Rufa’i, S.E. Acara selanjutnya adalah penyuluhan dan praktik cara mencuci tangan dan cara menggunakan hand sanitizer yang baik, dilanjutkan dengan pembagian sembako. Karena masih dalam masa pandemik, sembako diberikan kepada perwakilan warga untuk kemudian didistribusikan kepada warga lainnya.